Posted in My Stories

Subsidi domain .id

Siapa yang tidak tertarik dengan iming-iming harga miring?? Dengan adanya diskon, harga yang biasanya mahal bisa kita dapat dengan harga yang lebih terjangkau. Menarik bukan? Strategi ini menjadi hal lumrah untuk menjaring pelanggan atau bisa juga merupakan bentuk apresiasi bagi para pelanggan setianya. Begitu juga dengan Pengelola Nama Domain Indonesia (PANDI) yang memberikan promo besar-besaran bagi para pengguna internet di Indonesia. Promo domain id yang murah memang bertujuan untuk meningkatkan pengguna domain id di Indonesia.

Saat ini,  domain .com masih menjadi yang terpopuler. Hampir sebagian besar website menggunakan domain .com baik itu perusahaan hingga blog pribadi.

Data

sumber : verisign

Dari data diatas, terlihat pengguna domain .com aktif telah mencapai lebih dari 125 juta. Jumlah yang sangat luar biasa dan masih ada potensi untuk bertambah tiap tahunnya. Banyaknya jumlah pengguna mempunyai beberapa kelemahan. Salah satunya, kita akan mengalami kesulitan dalam menentukan nama domain yang kita sukai, karena bisa saja nama yang akan dipakai ternyata sudah dipakai oleh orang lain.

Peluang inilah yang dimanfaatkan oleh PANDI dan Pemerintah untuk memasyarakatkan domain .id. Dengan user yang masih sedikit, kita akan lebih leluasa memilih nama domain yang kita sukai. Berapa sih  pengguna domain id di Indonesia? Masih sangat sedikir bro..

Grafik Pandi

Dari data tersebut terlihat bahwa jumlah domain id yang aktif hingga Desember 2015 “baru” 153.006.  Demi meningkatkan penggunanya, Kemominfo membuat program untuk mendorong penggunaan domain id dengan memberikan subsidi. Pemerintah memiliki wacana untuk meningkatkan pengguna domain .id hingga mencapai 1 juta domain pada tahun 2017. Untuk memuluskan rencana itu, Kemkominfo tak tanggung-tanggung akan mengalokasikan dana Rp 50 miliar di tahun 2015. Melalui sejuta domain .id yang akan ‘digenjot’ itu, akan ada penghematan biaya yang dikeluarkan untuk penggunaan bandwidth internasional (merdeka.com,25/08/2015).

Ketua Pandi Andi Budimansyah memang optimis pertumbuhan nama domain .id akan meningkat dengan sangat pesat pada tahun 2016. Dengan program ini, Pandi memprediksi nama domain .id akan berjumlah lebih dari dua kali lipat pada akhir 2016. Rencananya, program 1 Juta Domain .id yang dimulai tahun lalu, akan dijalankan kembali oleh Kemenkominfo di Februari 2016. Tinggal di gencarkan saja promosi ini agar target tercapai.😀

Pengalaman menggunakan id

Saya pun termasuk “korban” adanya promo domain id ini.:)) Secara kebetulan, saya menemukan info subsidi pembelian domain id tahun 2015 lalu. Info tersebut saya peroleh di website resmi PANDI. Didalam web tersebut, kita akan menemukan beberapa penjual domain yang bekerja sama dengan PANDI. Tinggal kita mau memilih mau beli di mana.

Promo 1

Kurang lebih seperti diatas banner promosi domain id yang membuat saya tertarik untuk mencoba menggunakan id.  Saya memutuskan membeli domain lewat indosat M2 (ini bukan promosi ya.. hanya kebetulan saya juga pengguna indosat).

Untuk bisa membeli domain, kita harus registrasi dulu.

registrasi indosat

Pada menu registrasi ini, anda perlu memasukan data diri termasuk npwp dan password yang akan digunakan anda untuk login. Usahakan menggunakan password yang susah agar tidak mudah dicuri orang. Jika sudah selesai registrasi, anda perlu melakukan verifikasi melalu email yang anda gunakan ketika mendaftar. mudah?

Login dengan alamat email dan password yang sudah dibuat dan ketik nama domain yang anda ingin kan, maka akan muncul opsi seperti yang ada digambar.

paket

Step 1

Pada langkah ini kita akan di beri pilihan, kategori apa yang akan kita pilih. Pada menu kategori, ada beberapa pilihan dengan penjelasan singkatnya sebagai berkut:

“Linux Hosting” – Kategori ini hanya membeli web hosting nya saja. Web hosting artinya tempat kita menyimpan file, gambar, tulisan, script dll. Biasanya kita menyewa web hosting dengan jangka waktu tertentu.

“Bundling Linux Hosting” – Pada dasarnya sama dengan linux hosting, hanya saja dengan memilih ini, anda juga akan memperoleh domain dengan gratis asalkan domain yang kita inginkan belum dipakai.

“Reseller Hosting” – Pelum pernah nyoba opsi ini, hanya saja bisa saya tebak ini layanan buat reseller, bagi mereka yang ini menjalankan bisnis jualan web hosting.

“Tambahan Produk” – no clue. Tidak ada informasi detail tentang kategori ini.

“Pembaharuan Domain” – Kategori ini merupakan opsi bagi kita yang sudah memiliki domain aktif untuk dilakukan perpanjangan

“Registrasi Domain” – Kategori ini merupakan layanan bagi kita untuk membeli domain saja.

Pemilihan kategori ini perlu kita sesuaikan dengan kebutuhan kita, apakah hanya perlu membeli domain saja atau dengan web hostingnya. Saya memilih paket bundling, selain harga paket lebih murah (ditambah kode promo), kita juga mempunyai web hosting sendiri.

Step 2

Pada langkah kedua ini, anda akan memperoleh informasi apakah domain yang anda inginkan bisa di beli atau tidak. Ada beberapa opsi domain yang bisa anda pilih, hanya saja tiap jenis domain tersebut sudah ada peruntukannya, misal .id untuk pribadi, ac.id untuk universitas, .co.id untuk perusahaan, sch.id untuk sekolah, or.id untuk organisasi kemasyarakatan, dll. Pemilihan jenis domain ini sangat penting untuk mengetahui untuk apa domain akan dipakai. Selain itu, tiap jenis domain tersebut mempunyai persyaratan yang berbeda satu sama lain.

Step 3

Pada langkah ke tiga ini sangatlah mudah, anda tinggal melakukan check list pada pilihan, DNS management, email forwarding, dan proteksi ID. Jangan khawatir, semua featur tambahan ini gratis.

Step 4

step 4

pada langkah ini, anda akan mendapat informasi jumlah biaya yang akan anda bayar sesuai kategori paket yang anda pilih. Nah,,, pada tahap ini anda dapat memasukan kode promo (yang ada pada banner promosi) untuk memperoleh potongan khusus. Masukkan kode promo kemudian klik selesaikan pemesanan dan segera lakukan pembayaran.

Selesai melakukan pembayaran, domain anda tidak langsung aktif. Anda harus melakukan langkah selanjutnya untuk aktivasi, yaitu upload dokumen. Kenapa upload dokumen ini perlu dilakukan? ini merupakan bentuk kontrol agar domain yang disediakan dipergunakan sebagai mana mestinya (sesuai dengan step 2). Sebagai contoh, kita tidak boleh sembarangan menggunakan ac.id, perlu persyaratan tertentu (khusus untuk universitas) agar kita dapat memperoleh domain ini.

ac.id

Persyaratan untuk domain ac.id tentu tidak sembarangan, agar hanya pihak universitas saja yang bisa memenuhi persyaratan tersebut. Tentunya bagi kita untuk membuat web pribadi dengan domain id, syaratnya tidak lah sulit.

id

Kita hanya perlu upload dokumen identitas kita untuk aktivasi. Yang perlu diperhatikan adalah pemilihan nomor invoice dengan nama domain agar sesuai. Jika langkah ini sudah dilakukan, maka kita hanya menunggu saja sampai domain kita aktif untuk dapat digunakan. Jika ada kendala atau masalah dalam aktivasi , kita dapat bertanya melalui menu “tiket”. Cukup klik “kirim tiket”, anda akan mendapat menu pilihan sesuai dengan permasalah anda.

  • Technical Support – Question for Technical Support
  • General Info – Question for General Info
  • Billing/Payment Enquiry – Question for Billing/Payment Enquiry
Tinggal pilih sesuai dengan permasalahan anda, lalu tulis unek-uneknya. Sejauh ini, komplain saya selalu dijawab dengan cepat dan cukup membantu memecahkan masalahnya.
Mudah bukan untuk memanfaatkan subisidi domain id.??  Selamat mencoba…🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s