Posted in Kebumen, My Stories

[repost] Liburan ke Pantai Menganti

d98f7-dscf2782
Liburan pekan lalu, kebetulan saya sedang kebumen. Jadi mumpung pulang, dan kebetulan saudara sepupu yang sedang di Kebumen ngajak jalan-jalan. Ada beberapa tujuan wisata di Kebumen, kemudian kami memutuskan untuk pergi ke Pantai Menganti. Lokasi Pantai Menganti berada di Kecamatan Ayah, merupakan bagian selatan Kabupaten Kebumen. Objek wisata ini sebenrnya sudah cukup lama terdengan bagi wisatan lokal kebumen. Akan tetapi pesona alam Mengantu mulai dilirik ketika salah satu acara tv swasta yang di presenteri Deny Sumargo datang ke Pantai tersebut. Kini semakin banyak orang yang ingin berkunjung kesana.
Untuk menuju ke lokasi, saya kesana menggunakan sepeda motor. Menggunakan sepeda motor dirasa lebih praktis (gegara belum bisa nyetir aja,,hehee). Start dari rumah di desa Kedawung (kec. Pejagoan) kami berangkat pada pukul 7.30. Rute yang kami ambil ke arah selatan terlebih dahulu menuju Petanahan. Sebelum pasar petanahan kami belok kekanan ke arah barat menuju pantai Suwuk. Dari pantai suwuk masih lanjut ke arah barat, dari sini jalan mulai menanjak dan berkelok-kelok. Papan petunjuk memang belum secara spesifik menujukkan arah ke Pantai Menganti sehingga kami memacu kendaraan agar tidak terlewat. Semakin lama tanjakan dan turunan semakin tajam. Untuk mencapai lokasi memang butuh perjuangan. Biasanya tempat wisata yang bagus akses ke lokasi harus perjuangan “ekstra”.

Setelah menemuh kira-kira 1.5jam kami sampailah di Pantai Menganti. Biaya retribusi sebesar 5rb rupiah. Pintu loket dengan lokasi cukup jauh, akan tetapi belum sampai lokasi kami sudah disuguhi pemandangan yang sangat bagus berupa view pantai yang terlihat dari bukit. Indah sekali.. Kemudian kami menuruni bukit hingga sampai ke bibir pantai yang banyaj sekali kapal-kapal bersandar. Kebutulan lokasinya memang terdapat Tempat Pelelangan Ikan (TPI).  apa cuma itu? belum sodara sodara
dari tapi kami mengarah pada bukit di sebelahnya. Ternyata di balik bukit tersebut tersimpan pemandangan yang luar biasa bagus. Dilokasi bukit bukit tersebut disediakan banyak gubuk-gubuk yang dibuat untuk berteduh. Di gubuk tersebut kita bisa duduk-duduk sambil melihat pemandangan dan menikmati sepoynya angin laut. Sayangnya kami tiba disana ketika panas mulai terik di siang hari. Saya hanya dapat membayangkan seberapa bagusnya pada waktu pagi atau sore hari.
Kami sempet mengobrol dengan penjual minuman disitu bahwa cukup banyak pengunjungnya. Dia mengatakan jumlah itu akan bertambah banyak pada sore hari. Katanya lagi, pernah ada yang melakukan kamping di kawasan itu dengan mendirikan tenda. Tentu mereka yang kamping bisa menikmati indahnya matahari tenggelam dan matahari terbit disana. Apa harus membawa tenda? tidak. Ternyata sudah ada bungalow yang disediakan bila ingin meningap dengan fasilitas yang cukup memadai seperti kamar, tv dan lemari. Soal harga permalam kami gk ketemu pengelola bungalownya tapi kata penjual tadi kisaranya 300rban. Jika benar segitu, cukup terjangkau bukan?
berikut mega gallery Pantai Menganti, selamat liburan😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s