Posted in My Stories

[repost] Liburan ke Kawah Putih

holidayPekan lalu, mumpung lagi weekend, kebetulan ada temen yang ngajak mbolang ke kawah putih. kayaknya kalau jalan-jalan asyik nih., Yowesss berangkaatttt.. Apalagi sudah cukup lama saya mendengar objek wisata tersebut. Katanya gini begitu, pokoknya bagus. Jadi makin penasaran dah, seperti apa kawah putih.

Untuk menuju ke lokasi kawah putih ada beberapa cara kesana. Berhubung saya berdomisili di Jakarta, kami menggunakan kereta menuju Bandung. Kereta yang beroperasi menuju ke Bandung hanya argo parahyangan, jadi tidak ada pilihan lain kami memilih kereta itu. Kereta ini berangkat dari Stasiun Gambir. Cukup banyak jam keberangkatannya dan dapat memilih kelas bisnis atau eksekutif. Selain menggunakan kereta, ada beberapa alternatif lain seperti menggunakan bus, travel atau pesawat.

Sesampai distasiun kita mencari penginapan, ya ini karena kami memilih perjalanan kereta pada malam hari setelah jam kerja selesai. Cukup banyak pilihan penginepan di Bandung, ada hotel, wisma dll. Kami memilih menginap di guest house. Harga relatif terjangkau, guest house yang kami tempati seharga 200rb/malam. Kamarnya sangat lebar dan ada kamar mandi dalam. Jadi dengan harga segitu gk rugi-rugi amat. Lumayan buat istirahat setelah pulang kerja langsung berangkat jalan-jalan ke Bandung.

Keesokan harinya, kami bersiap-siap untuk menuju lokasi wisata kawah putih. Kita berusaha berangkat sepagi mungkin agar sampai di lokasi tidak terlalu siang. Tapi apa daya berangkatnya agar kesiaangan juga😀. kami berangkat dari Guest house sekitar pukul 8 pagi. Untuk menuju lokasi sejauh kami korek-korek informasi hanya ada satu alternatif apabila menggunakan kendaraan umum. Pertama kita harus menuju terminal lewih gajah. Untuk menuju terminal, kami menggunakan Bus Damri (siapkan uang pas, jauh deket tarifnya sama). Ketika kami naik bus ini memang cukup banyak penumpangnya. Bahkan kami sempet berdiri karena tempat duduk penuh. Selang beberapa menit berjalan, barulah kami secara bergantian memperoleh tempat duduk dari penumpang yang turun. Oh ya, kebetulan bus damri yang kami naiki juga melewati stasiun bandung. Jadi kalau mau langsung ke terminal lewih gajah dari stasiun bandung, cukup jalan kaki ke jalan utama.

Bus damri yang mengantar kami tiba di terminal. Bus ini memang tujuan akhirnya di terminal lewih gajah. Berhubung kita belum sarapan, jadi hunting makanan dulu. Cukup banyak PKL yang menjajakan makananya dari kupat tahu, mi ayam, bakso, bubur dll. Terminal lewih gajah tergolong ramai pagi itu, banyak penumpang lalu lalang untuk menghabiskan akhir pekan. Selesai mengisi perut, kami mencari angkot yang menuju terminal ciwidey. Perjalanan dari terminal lewih gajah menuju kawah putih masih 2 kali ganti angkutan umum. Angkutan yang mengantar ke terminal ciwidey hanya ada 1 trayek saja. Mobil yang digunakan rata-rata berjenis L300.

Melihat kondisi mobil L300 sudah cukup tua, kami agak khawatir dengan kondisi mobil tersebut. Memang ongkosnya murah tapi jarak yang ditempuh masih cukup panjang antara 2-3 jam. selagi kita melihat-lihat kondisi mobil ternyata ada seseorang yang mendeketi kami “mau ke kawah putih?”. Ternyata orang tersebut supir angkot yang  menawarkan jasa mobilnya untuk mengantar langsung ke kawah putih. Awalnya supirnya menawarkan 400rb. Setelah proses nego akhirnya mau juga 300rb. Dari bincang-bincang, supir angkot itu sudah biasa mengantar rombongan ke kawah putih, jadi sering ninggalin trayeknya😀.

Kami pun berangkat dengan perjalanan yang cukup panjang. Semakin mendekati lokasi jalan semakin mendaki. Kami disuguhi pemandangan alam yang indah, udara yang bersih. Sungguh nyaman. dipinggir-pinggir jalan kami banyak menemui kebun strawberry. bagus sekaliii. Setelah 2.5 jam perjalanan, akhirnya kita sampai di pintu masuk kawah putih. Ternyata dari pintu masuk ke lokasi masih cukup jauh sekitar 5-6 KM. Pihak pengelola menyediakan mobil untuk menuju lokasi. Tiket masuk dan mobil sudah include jadi tinggal nunggu antrian saja. Sebenernya bisa saja mobil pribadi masuk ke lokasi. Akan tetapi biaya yang dikeluarkan cukup mahal.

Setelah beberapa menit, akhirnya kami sampai di kawah putih, kami pun mulai meng explore tiap sudut lokasi dan mengambil gambar-gambar.

IMG-20150419-WA0019 IMG_20150419_164646 IMG_20150419_164745 Kawah Putih - 22 Kawah Putih - 19 Kawah Putih - 17 Kawah Putih - 18