Posted in Serba Serbi

Mengamankan Akun Facebook dari Hacking

agg70

Saat ini media sosial facebook merupakan yang terpopuler di dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Masyarakat indonesia yang mempunyai akun facebook jumlahnya mencapai puluhan juta. Meski saat ini sudah mulai muncul media sosial lain semacam twitter, instagram, path dll, popularitas facebook tetap belum tergeser. Banyaknya jumlah akun ini bisa memberi manfaat bagi masyarakat, bisa ajang silaturahmi, media sharing ilmu dan diskusi, bahkan cukup banyak digunakan sebagai media promosi barang dagangan. Istilah populernya toko online. Akan tetapi, dibalik itu semua juga menyimpan potensi bahaya apabila dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, dari penculikan, penipuan, hingga hacking. Untuk kasus hackhing ini sendiri, saya pernah mengalami hal yang tidak mengenakkan. Akun facebook saya berapa kali coba dihack oleh orang lain.

Beruntung saya sudah men-setting akunnya, sehingga ketika ada orang lain yang akan meng hack, saya mendapat pemberitahuan via email. Bahkan saya dapat mengetahui siapa yg mencoba menghack saya karena dari pemberitahuan tersebut tercantum alamat email, alamat IP, hingga perangkat yang digunakan oleh hacker.

Aksi hacking ini cukup meresahkan, karena apabila akun tidak disetting keamanannya, kita mungkin tidak sadar akun kita sedang dihack. Kita baru sadar apabila ada sesuatu yang aneh pada akun kita , misal aktivitas akun yang tidak kita lakukan hingga kita tidak bisa mengakses akun kita sendiri. Ini menjadi berbahaya karena aksi hakcing tersebut dimanfaatkan oleh hacker untuk mengontak temen-temen kita lewat facebook untuk minta uang atau semacamnya. Oleh karena ini, saya ingin berbagi pengalaman cara mengamankan akun facebook. Disamping pula kita perlu setiting privacy akun. Kenapa penting? Akan lebih detail saya jelaskan bersamaan dengan penjelasan bawah nanti.

Sebelum masuk ke setting facebook, pastikan email yang anda gunakan untuk login facebook masih aktif. Sebenarnya email pun juga sangat rawan dihack, bahkan email saya pernah bobol dan diganti passwordnya. Beruntung masih bisa saya ambil alih, mungkin penjelasan pengaman akun email akan saya jelaskan pada bertikel yg berbeda. Kembali ke akun facebook, apabila email sudah dipastikan masih aktif, penggunaan nomor handphone menjadi penting untuk melakukan verifikasi, pastikan nomor anda tidak gonta-ganti.

Setelah anda login akun facebook klik di menu setting atau bisa klik ini www.facebook.com/settings maka akan muncul seperti dibawah

pada menu ini akan menampilkan info umum akun facebook, saat ini menu setting keamanan belum muncul, silahkan klik security atau keamanan di bawah menu “general” atau “umum”. Pada menu “security” atau “keamanan” inilah kita dapat mengamankan akun facebook dari percobaan hacking.

Login Notification

pada tampilan tersebut akan muncul apabila anda mengklik “edit” pada sisi kanan layar anda. Pada menu ini dapat diatur “login notification” artinya bahwa anda akan diberi tahu via email apabila ada seseorang akan masuk ke akun. Caranya tinggal “contreng” menu email seperti pada gambar.

Terdapat opsi lain dengan menggunakan mobile phone, saran saya cukup via email. Apabila anda ingin pula via mobile phone juga tidak masalah, tinggal contreng. Notifikasi ini juga berlaku bagi anda sendiri apabila anda melakukan login dari komputer atau browser yang tidak pernah anda pakai. Pemberitahuan via email tersebut dapat anda lihat dalam gambar

Menu berikutnya adalah menu aproval

menu ini sangat penting bila anda ingin mengamankan akun facebook. Mobile phone menjadi perangkat wajib, seperti yang saya sebutkan diatas jangan gonta-ganti nomor. Contreng pada menu tersebut dan masukan nomor telepon yang ada pakai. Anda akan mendapatkan kode verifikasi dan dapat dimasukkan apabila ditanyakan. Jika sudah melakukan pengaturan ini, maka seseorang yang akan mengakses akun tidak akan bisa masuk karena pada saat login pertama kali akan ditanyakan kode unik yang akan di kirim via sms. Ribet? tidak bukan, memang anda pun akan ditanyakan kode unik tersebut, namun dengan cukup contreng “save browser” maka yang berikutanya tidak perlu lagi memasukkan kode tersebut. Namun jangan lupa bila kita menggunakan komputer atau perangkat yang jarang kita pakai, seperti di warnet atau punya teman, pilih “dont save” Bagaimana bila sudah terlanjut? cukup ke menu history dan hapus history dan cookiesnya. Bagaimana jika nomor telepon ganti? masih bisa kita akses, caranya akan dijelaskan pada settingan berikutnya.

Menu berikutnya adalah “code generator”

Anda punya handphone android? saya yakin anda sudah punya. Pada menu ini akan lebih memudahkan dalam mengamankan akun facebook. Klik “enable” pada menu ini, maka saat ini juga sudah mengamankan akun facebook via facebook android. Jika sudah aktif maka maka kode2 unik untuk login tidak dikirim via sms tetapi via facebook android.

Bagaimana mendaftarkan handphone android kita? mudah sekali, kita tinggal masuk ke facebook

Kemudian anda akan ditanya kode unik (sudah kita atur kode unik ini diawal). Jika anda menggunakan nomor yang didaftarkan pada handphone andorid anda, maka akan secara otomatis menverifikasi sendiri. Kita tidak perlu memasukkan kode unit tersebut. Apabila berbeda, kita hanya perlu memasukkan angka unik yang dikirim via sms ke facebook andorid anda. Keamaman facebook anda sekarang ada ditangan anda dengan 2 lapis meski pada dasarnya via sms dan android ini terintegrasi. Jadi ketika anda sudah mengaktifkan facebook android maka tidak perlu menggunakan via sms. Kode via sms bisa digunakan apabila kita meminta “having trouble”.

Hal ini juga bisa dimanfaatkan apabila sudah tidak punya handphone android lagi. Bagaimana jika nomor handphone hilang? Silahkan baca menu berikutnya

Trusted contact

pada menu ini, diberian opsi memilih 3 teman terpercaya. Pilih teman dekat anda atau paling tidak yang mudah dihubungi. Ketiga akun facebook ini dapat dimanfaatkan apabila kita tidak dapat mengakses akun facebook, bisa lupa password, hingga yang disebutkan tadi karena kehilangan nomor telepon untuk verifikasi kode. Cara kerjanya cukup mudah, ketika kita tidak bisa bisa mengakses, akan ada opsi memmilih teman untuk menverifikasi. Dari ketiga teman tadi cukup satu tidak perlu ketiganya. Teman yang dipilih akan menerima notifikasi atau pemberitahuan. Tinggal kontak teman anda untuk login facebook dan menerima notifikasi tersebut. Jika sudah anda dapat mengakses akun kembali.

Satu hal lagi yang cukup menjadi perhatian bahwa kita perlu mengatur privasi akun facebook. Pada menu ini dapat diatur sapa saja yang bisa mengakses agar hanya teman-teman kita saja yang bisa melihat timeline. Dan perlu juga diatur privacy foto

Pilih menu friend atau teman agar hanya teman-teman kita saja yang dapat melihat foto facebook. Kenapa perlu diatur ? Apabila kita mengatur “publik” semua orang yang bahkan bukan teman kita akan dapat melihatnya, bisa saja ada orang iseng yang mengambil foto-foto tersebut. Jika orang yang tidak dikenal tersebut memanfaatkan untuk tindak kejahatan tentu itu dapat membahayakan.

Ribetkah? memang, hanya ribet diawal setelah itu anda akan terbiasa dan tidak sesering melakukan setting ini. Facebook akan aman dari gangguan jahil. Ada beberapa temen saya yang mengatakan, “ah ribet” ah buat apa, bukan artis ngapain pada ngehack”.
Seperti yang sudah saya ungkapkan diawal, sudah ada beberapa kasus facebook di hack untuk menipu teman-teman facebook kita. Jadi untuk melindungi hal tersebut, tidak apa bukan ribet sebentar.

Semoga bermafaat

nb: mungkin masih ada opsi lain cara mengamankan facebook anda, akan tetapi cara yang saya sampaikan merupakan pengalaman yang saya alami. Pada literatur atau blog cukup banyak pengaturan-pengaturan yang lain

One thought on “Mengamankan Akun Facebook dari Hacking

  1. I read a lot of interesting articles here. Probably you spend a lot of time writing, i know how to save you a lot of work, there is an online tool
    that creates readable, google friendly articles in minutes,
    just type in google – laranitas free content source

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s