Genteng Sokka Mandiri

MENYINGGUNG masalah sumber daya penggalian di Kebumen, satu yang cukup menonjol adalah potensi tanah liat. Kabupaten Kebumen cukup lama dikenal dengan industri genteng yang diusahakan di tingkat home industry. Pusat industrinya di lima kecamatan, yaitu Kecamatan Sruweng, Pejagoan, Adimulyo, Klirong, dan Kutowinangun.
Gema industri genteng Kebumen dengan nama produk genteng Sokka memang cukup lama dikenal di Jawa Tengah. Namanya disejajarkan dengan industri genteng terkenal lainnya, seperti genteng Jatiwangi asal Majalengka, Jawa Barat. Hanya saja genteng Sokka masih memiliki kelemahan pada teknik pencetakan yang tradisional.

Industri genteng yang juga mengandalkan sumber daya alam ini, secara eksternal cukup positif karena memunculkan nama Kebumen di pasar genteng nasional khususnya di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Namun, secara internal ada plus dan minusnya. Plusnya karena hasilnya mampu menghidupi sebagian penduduk, sedangkan minusnya karena penggalian tanah liat yang tanpa aturan akan merusak lingkungan. Lahan yang diambil tanah liatnya sebagian besar merupakanbekas sawah yang dijual pemiliknya seusai panen. Alih fungsi dari lahan sawah menjadi tanah galian itu membuat lahan rusak dan tidak dapat ditanami lagi.
Dalam hal ini, Pemerintah Kabupaten Kebumen hanya dapat mengimbau warganya untuk berhati-hati dalam pemanfaatan lahan, khususnya penggalian untuk industri genteng. Alasannya, keuntungan yang didapat dari industri ini tidak sebanding dengan kerusakan alam yang ditimbulkan. Tingkat kesejahteraan penduduk yang mengusahakannya tetap rendah karena genteng hanya sebuah produk biasa yang tak bernilai jual tinggi. Harga jual genteng Sokka saat ini Rp 500-Rp 1000 per buah.
Selain nilai produk yang rendah, pemasukan dari pajak dan retribusi juga dianggap kecil. Pajak yang diperoleh dari penggalian dan pengolahan bahan galian golongan C pada pendapatan asli daerah (PAD) tahun 2001 Rp 28 juta atau 0,3 persen dari PAD. Retribusi jalan yang dikenakan bagi truk pengangkut Rp 150 per truk. Untuk pengaturan masalah penggalian tanah ini
pemerintah kabupaten belum dapat membuat peraturan daerah (perda).
Satu sumber usaha di Kebumen yang juga mengandalkan alam dan diizinkan pemerintah kabupaten adalah penambangan kerikil dan pasir untuk bahan bangunan.

Lokasi utamanya di Sungai Luk Ulo. Setiap hari di salah satu alurnya di Kecamatan Karangsambung, sungai yang kelokannya seperti gerakan ulo (ular) itu dipenuhi truk penambang pasir. Tingkat sedimentasi
yang dikenal tinggi di Kebumen menyebabkan air sungai hampir tak tampak lagi karena tertutup material bebatuan dan pasir hasil erosi di darat.
Meski dari proses erosi berakibat negatif, untung hasil sedimentasi mempunyai nilai positif karena sedikitnya dapat menafkahi sebagian penduduk Kebumen. Penambangan kerikil dan pasir cukup berperan dalam meningkatkan kegiatan ekonomi penggalian dan industri, khususnya industri
bahan bangunan. (Palupi P Astuti/ Litbang Kompas)

Genteng memang menjadi sandaran ekonomi warga kedawung, gk luput juga Ayah ku juga pengusaha genteng,,, kadang sering disindir juga sih,,,

Penjual Tanah Air,,,!!!

sebel juga sih,,, tp ku harus bangga,, nih pekerjaan halal, dirintis dari awal oleh Ayahku dari nol (tanpa waris mewaris…:D)

dan ku bisa hidup mpe punya kerja y karna usaha ini,,, meski pada akhirnya ku juga gk bisa ngelanjutin usaha yang telah dirintis ayah …. :(

Yah yang bisa ku lakukan cuma nampilin foto2 usaha ayah,,, kali aja ada yang minat beli,,, heeeee

mesin pembuat genteng

Tempat pengeringan genteng

Genteng yang sudah jadi

73 Comments

  1. Berapa harga satuan genteng soka kwalitas 1 dan 2 ? di kota banjar Jawa Barat dimana agen yang menjual genteng soka asli ? terima kasih

  2. maaf sebelumnya baru membalas…..

    untuk agen penjual dijawa barat kami tidak mempunyai cabangnya..

    untuk kisaran harga saat ini bergantung dari jenisnya..
    harga di tempat ( blom ongkos kirim) antara 800-1200 tergantung jenis gentengnya

    terima kasih

  3. Genteng Soka sudah identik dengan Kebumen, tapi knapa ya Kebumen belum punya simbol-simbol yang berhubungan dengan GENTENG. Yang ada tugu Lawet padahal hasil lawet juga tidak seberapa, di per3an pejagoan tugu barunya juga spt itu. Punya usulan tugu untuk Soka Baru katanya mo dibuat tugu juga ……..?

  4. mau nanya nich harga genteng sokka sekarang brapa yach…………?? tolong disertai tipe2 nya jga yyaaaaaaaaa

  5. Mas,yang benar genteng soka atau sokka? saya lagi nyari genteng kodok soka nih…
    barangkali sampeyan punya referensi produsen / distributornya,tolong kasih tau saya ya???

  6. Mas Kalau harga sampai dijakarta berapa ? terus ada berapa macam jenis genteng Sokka terseut misalkan ada KW.1 KW.2 dst.
    kalau 1 m2 berapa buah, atau kalau harga jual di kebumen berapa ?
    Tolong segera dibalas mas saya lagi tender proyek

  7. mas, kalo ada order gede, bagi-bagi yak… nuwun.

  8. Apakah Bapak menggunakan cat untuk genteng saya menawarkan cat yang kualitasnya bagus dan harganya pun sangat murah dan dapat terjangkau semua kalangan. langsung dr. pabrik

    trims,

    rika (jakarta)

  9. wah..sip banget promosi gendenge..sing penting maning..gambar para pekerjane jg dipromosikan men seneng atine…lan dungane tambah lancar usahane.. salam nggo para pekerjane khususe nggo mba musri pandanlor….ditunggu balasane..mtr nwn. (pengirim adalah rasini mantan pekerja yg saat ini berada di kaltim).

  10. mantaf promosine. aku tuku gentenge ea.. ! -hehe-

  11. brendo: hehehe,,, kono ya pada2 bakule mbok.. hehehee

  12. wah mas nur ini, sudah tahu merusak alam, malah promosi lewat internet. tapi ya begitulah…he..

    salam seka wong Jatimulyo Alian Kebumen.

  13. Mohon price list genteng soka yang sudah glazur maupun yang masih natural. Saya memerlukan sekitar 350 m untuk rumah di Jogja. Rencananya sih yang sudah glazur warna natural.

    Terima kasih
    Agung
    081288427626

    • saya bales lewat email y

  14. ini pabrik langsung ato broker ajaya? ak toko genteng diJogja, banyakloh proyek aku!!! aku lagi nyari pabrik yang emang kapasitasnya bisa besar kualitas juga bagus, ga retak-retak gitudeh…kalo bisa kasih harga oke, n kualitas bagus bole juga kerjasama,,,aku pasarin buat proyek Jogja lewat showroom aku

    • Ini langsng pabriknya,,,

      cuma skalanya masih kecil…. produksi satu bulan masih dibawah 20rb, itu aja beda2 jenisnya..

  15. Harga sekarang genteng Morando KW 1 berapa mas???

  16. such a great!!!!!

  17. kami butuh genteng untuk rumah ukuran 9×8. kira kira berapa genteng plentong yang dibutuhkan? pramono magelang

  18. Mohon informasi price list nya (kw1 & kw2) untuk barang sampai ditempat via email. Lokasi saya ada di daerah cikarang, bekasi. Tq bro.

  19. mas bisa kerja sama ?
    kebetulan saya juga bergelut dalam dunia ini,
    con numb:085647709616

  20. mohon harga untuk genteng kodok glazur,saya memerlukan sekitar 4000 bh,pengiriman ke kota Tegal.

    • maaf pak genteng kodoknya dah dapat belum y? harga dari saya cuma 2950/pcs. hub 085228277843

  21. Sayu butuh kodok glazur sekitar3000 buah. Untuk jakarta ada agennya ? berapa harga jakarta?

    • dah dpt gentengnya blum y? bisa minta nmr telpnya?

  22. 08889726372

  23. Pak, ada genteng palentong papak. utk jenis ini (papak) modelnya ada brapa macam ya..
    Kalau papak KW 1 berapa harganya pak, (sampai Jkt brp) atau atau ada perwakilan di Jkt.

    Terima kasih.

    • maaf p.bayu jumlah genteng yang dibutuhkan berapa ya? misal bpk minat beli sama saya bisa hub.nmr ini 085228277843 saya minta nmr bpak. saya kirim langsung dari kebumen. trim

  24. harga genteng kebumen press dan glasir berapa sekarang?? apa ada perwakilannya di Yogyakarta?? saya butuh sekitar 210 m2 agak cepat
    trimakasih

    • maaf pak……… misal berminat beli sama saya saya ada pabrik sekaligus suplayer di jogja. masalah harga bisa di atur. bpk cek aja harga di toko dulu nanti saya di bawah harga toko. ini nmor saya 085228277843

  25. saya sdg mengerjakan proyek perumahan di grobogan, bth genteng morando glazur 47000 biji. mhn info hrgnya. trmksh

  26. Pa klo butuh genteng,,bisa hubunggi gw di no 081399238945

  27. Saya butuh batu bata harganya berapaya ya? dan ukuran volumenya berapa?

  28. mas, kalo beli genteng kebumen harga sekarang berapa? kalo ditambah ongkos kirim ke sukoharjo (solo) jadi berapa kalau butuhnya 4.000 buah?

  29. Info yg sangat menarik Mas, sy jadi tau sdkt byk sejarah genteng sokka ini karena di daerah sy Jepara jg ada satu kecamatan pembuat genteng sokka spt dr Kebumen.

    Jika ada yg tertarik utk membeli genteng sokka dr Jepara, silahkan lihat di http://www.omahgenteng.blogspot.com
    Thanks, August Praymunor

  30. jenis gengtengnya apa aja boss…

  31. harga genteng per pcs nya untuk sokka super berapa? kalau kirim ke semarang berapa ongkos kirimnya

  32. dear Pak Joko,

    Silahkan email ke saya di august.praymunor@yahoo.com utk detail harga dan ongkirnya.
    Thanks, AP

  33. Mas kalau mesen genteng kodok sokka, ke jakarta berapa ya harganya

  34. Sy membutuhkan genteng untuk bangunan rumah….
    tlg email gambar dan harganya ke bpn.amru@yahoo.com

  35. hasil produksinya emang berkualitas bulan juli 2011 kemarin q jga anjang ke kebumen di sruweng ,dari kwilitas tanahnya mmang ok banget………

    • pulang bawa MORANDO super3.500 biji /kerpus bulat 60 biji

  36. mas saya minta price list hrg genteng sooka kwalitas super glazur..plus ongkir ke jogja..ya tunggu.tx

  37. saya juga mas, perlu secepatnya. saya di klaten… hrgnya berapa ya sekarang

  38. pak nur saya juga pengrajin genteng di ceper klaten..saat ini kami kehabisan stock perpus…kami mengharap kerjasama bareng pak nur..harga ambil sendiri berapa mohon di sms ke 087734831497

  39. saya pak topo di banguntapan bantul lagi nyari 2000 biji buat rumah baru…….sekarang harganya berapa?…nyampe jogja?…kwalitas 1 dan 2?….trims….punya agen dijogja dimana?…..cp:02747005602

  40. harga magase berapa butuh 9000 disolo

  41. mohon informasi harga genteng sokka per tipe dan kwalitas, beserta dengan ongkos kirimnya ke jakarta

    terima kasih

    • silahkan hub.085227556667

  42. mas kalau yg type morando kw 1 harganya berapa & juga yg glasur kami di temanggung tks

  43. Mohon info genteng sokka gambar beserta harganya mas…balas lewat email yaa..maturnuwun

    • hub.085227556667

  44. Mas mau tanya,kalau genteng sokka yang biasa aja standar menengah ke bawah kalau di kirim kesalatiga berapa ya mas?kebetulan saya seorang arsitek, sering membangunkan rumah orang, kalau harga grosirnya berapa ya mas?trimakasih…

    • 850 pak di lokasi.genteng kudus
      hub.085227556667

  45. alamatnya dimana nih pabriknya mas?? email kan dong di mdsetiawan86@gmail.com

    Saya tunggu ya

  46. mas,sedia genteng kodok sokka jg ga?hargany brp y,ongkos kirimnya brp?kami di yogyakarta,mo bikin rumah joglo limasan LB 278m.kira2 gentengnya butuh brp?mohon infony sgera.maturnwun..

    • aku juga mroduksi genteng kodoan pak.tapi dari kudus…skrg harga per biji rp.800 pak di lokasi

      • genteng kodoan dari kudus seperti apa mas?kualitasnya gmn?pesen 1200 untuk di jogja bisa ga? klo bisa sms ya mas 081802641142..mksh

  47. Bolehkah pembaca mengirim artikel ke media ini, dan apa saja ketentuannya? Bilakah ada persyaratan tertentu yang wajib ditaati oleh pengirim tulisan?

    Atas kesempatannya kami sampaikan terimakasih.

  48. Jika anda mencari genteng sokka, magas dan morando buatan kebumen, silahkan kunjungi http://www.Omah-Genteng.com TELP/SMS:08122833040 PIN:28AAE52E

  49. Pak kami punya proyek perumahan ϑî daerah kabupaten kendal, kebutuhan kami ada 12000 biji, kalau sampai tempat kami harganya berapa ya pak? Mhon informasinya. Terimakasih

    • silahkan hub. 085227556667
      siap antar

  50. mohon informasi harga genteng soka yg natural dan yang sudah di glazur, untuk rumah saya di madiun

    Terimakasih
    Wisnu

  51. Genteng sokka kuat dan mantap.

  52. maaf bos harga sekarang genteng kw 1 berapa kalau sampe majenang berapa,makasih

    • hub. aja nmer ini pak….
      085227556667

  53. Slmt pg pak nur, saya mau beli genteng kodok 2200 biji, kw 1, berapa harganya, ke magelang, trimakasih.

    • maaf untuk genteng kodok kami tidak produksi

  54. Pak nur, brapa harga genteng kodok kw1, mau beli 2200biji, kirim ke windusari, magelang.
    Trimakasih
    Rismono.

    • di kudus 850 pak kw 1,…di lokasi hub.085227556667

  55. pak berapa harga gentengnya klo di kirim ke tambun utaraa bekasi. keperluan saya +/- 4000 pcs mohon info ke romidoni@ichikoutetsu.com


Comments RSS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.